Petunjuk Penulisan Research Paper

Panduan Umum

  • Panduan ini berlaku untuk jenis pengiriman full research paper.
  • Paper yang dikirim adalah hasil karya asli pengarang dan bebas dari unsur plagiarisme.
  • Paper yang dikirim adalah paper yang belum pernah diterima dan/atau dipresentasikan dalam suatu seminar dan belum pernah dipublikasikan dalam suatu jurnal.
  • Paper yang dikirim harus ditulis dengan mengikuti Panduan Umum, Panduan Struktur Paper dan Panduan Format Penulisan. Ketidakpatuhan dalam mengikuti panduan-panduan tersebut dapat mengakibatkan paper Anda tidak diterima untuk diproses lebih lanjut –proses review paper- (dianggap tidak pernah kirim paper ke SNAV VIII Palembang).
  • Untuk setiap paper yang dinyatakan lulus seleksi oleh reviewer wajib mengirimkan Paper yang sudah direvisi beserta Presentasi dalam Ms Power Point.

Panduan Struktur Paper

Paper yang di-submit ke SNAV VIII Palembang harus memenuhi struktur penulisan sebagai berikut:

Struktur paper dimulai dari 1) Abstrak dan Kata Kunci, 2) Pendahuluan, 3) Landasan Teori, 4). Pengembangan Hipotesis (jika ada), 5) Metode Penelitian, 6) Hasil dan Pembahasan, 7) Kesimpulan dan 8) Referensi

  1. Judul ditulis dengan Font times new roman 12 cetak tebal (maksimum 12 kata)
  2. Abstract [Times New Roman 11 Cetak Tebal dan Miring] Abstract ditulis dalam bahasa Inggris yang berisikan isu-isu pokok, tujuan penelitian, metoda/pendekatan dan hasil penelitian. Abstract ditulis dalam satu alenia, tidak lebih dari 200 kata. (Times New Roman 11, spasi tunggal, dan cetak miring).
  3. Keywords: Maksimum 5 kata kunci dipisahkan dengan tanda koma. [Font Times New Roman 11 spasi tunggal, dan cetak miring]
  4. PENDAHULUAN [Times New Roman 11 bold]. Pendahuluan mencakup latar belakang atas isu atau permasalahan serta urgensi dan rasionalisasi kegiatan (penelitian atau pengabdian). Tujuan kegiatan dan rencana pemecahan masalah disajikan dalam bagian ini. Tinjauan pustaka yang relevan dan pengembangan hipotesis (jika ada) dimasukkan dalam bagian ini. [Times New Roman, 11, normal].
  5. KAJIAN LITERATUR DAN PENGEMBANGAN HIPOTESIS (JIKA ADA) [Times New Roman 11 bold]. Bagian ini berisi kajian literatur yang dijadikan sebagai penunjang konsep penelitian. Kajian literatur tidak terbatas pada teori saja, tetapi juga bukti-bukti empiris. Hipotesis peneltiian (jika ada) harus dibangun dari konsep teori dan didukung oleh kajian empiris (penelitian sebelumnya). [Times New Roman, 11, normal].
  6. METODE PENELITIAN [Times New Roman 11 bold]. Metode penelitian menjelaskan rancangan kegiatan, ruang lingkup atau objek, bahan dan alat utama, tempat, teknik pengumpulan data, definisi operasional variabel penelitian, dan teknik analisis. [Times New Roman, 11, normal].
  7. HASIL DAN PEMBAHASAN [Times New Roman 11 bold]. Bagian ini menyajikan hasil penelitian. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. Bagian pembahasan memaparkan hasil pengolahan data, menginterpretasikan penemuan secara logis, mengaitkan dengan sumber rujukan yang relevan. [Times New Roman, 11, normal].
  8. KESIMPULAN. Kesimpulan berisi rangkuman singkat atas hasil penelitian dan pembahasan. [Times New Roman, 11, normal].
  9. REFERENSI. Penulisan naskah dan sitasi yang diacu dalam naskah ini disarankan menggunakan aplikasi referensi (reference manager) seperti Mendeley, Zotero, Reffwork, Endnote dan lain-lain. [Times New Roman, 11, normal].

Paper harus ditulis dalam format artikel, tidak menyerupai skripsi atau tesis.

Panduan Format Penulisan

  • Paper ditulis dalam bahasa Indonesia.
  • Paper ditulis dengan 1,5 spasi, A4 paper.
  • Paper ditulis tidak lebih dari 20 halaman, termasuk daftar pustaka
  • Margin Top, bottom, left dan right di set 2.5 cm (1 inci).
  • Semua halaman termasuk table, gambar harus diberi nomor urut.
  • Table atau gambar diletakkan di dalam body paper/manuscript, tidak terpisah dari body manuscript.
  • Reference style bebas, sepanjang diterapkan secara konsisten.

TEMPLATE ARTIKEL SNAV VIII PALEMBANG.

Calon Pemakalah mengirimkan dokumen Full Papernya dalam softcopy ke alamat EMAIL: snav8_paper@polsri.ac.id